BAGIKAN

Berita Ciamis – Ciamismanis.com – Polres Ciamis Polda Jawa Barat meraih penghargaan sebagai Polres dengan Respon Cepat dalam Penanganan Kasus Terhadap Anak.

Penghargaan diberikan oleh Komisi Nasional Perlindungan Anak dalam acara Seminar Pencegahan Kejahatan Terhadap Anak dan Penanganan Anak Berhadapan Dengan Hukum di Gedung PKK Kabupaten Ciamis, Selasa (10/12/2019).

Tak hanya Polres Ciamis. Dalam kesempatan itu, Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso juga diganjar penghargaan sebagai Kapolres Peduli Anak.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait.

Kegiatan Seminar dihadiri oleh Bupati Ciamis, Bupati Pangandaran yang Diwakili oleh Kepala Dinas BKKBN Pangandaran, Kapolres Ciamis, Anggota DPRD Ciamis, Anggota DPRD Pangandaran, Unsur Forkopimda, P2TP2A Ciamis dan Pangandaran, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama.

Kegiatan seminar tersebut diisi dengan Seminar Dialog Interaktif dengan dihadiri oleh Pemateri Nasional dan Komini Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak) Arist Merdeka Sirait didampingi moderator Fadili Yani Ainusyams atau akrab disapa Ang Icep.

Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya dalam sambutannya menyampaikan Ciamis telah berupaya dalam melakukan pencegahan kejahatan terhadap anak diantaranya melalui sosialisasi kepada masayarkat diberbagai kegiatan.

“Melalui Program Maghrib Mengaji dan Sholat Berjamaah kita mengharapkan memiliki generasi qur’ani dan berakhlak mulia dengan pembiasaan-pembiasaan yang baik sejak dini dan didampingi oleh orang tuanya”, tutur Herdiat.

Herdiat juga menyampaikan Ciamis memiliki Perda dan Perbup dalam upaya mengurangi kejahatan terhadap anak.

“Kejahatan anak bisa terjadi dikarenakan mental masyarakat yang kurang baik dan faktor ekonomi juga kadang menjadi pemicu konflik dalam keluarga”, tutur Herdiat.

Pemerintah Ciamis saat ini berupaya mewujudkan masyarakat Ciamis yang sehat lahir batin, pandai disesuaikan dengan Indeks Pertumbuhan Masyarakat (IPM) yang meningkat dan dari sisi ekonomi masyarkat bisa membeli meskipun harga-harga mahal.

“Diharapkan para stakeholder di Kabupaten Ciamis saling membantu dalam upaya memerangi kejahatan terhadap anak bersama-sama”, tutur Herdiat.

Kapolres CIamis AKBP Bismo Teguh Prakoso dalam sambutannya menyampaikan Ciamis banyak terjadi kasus-kasus kejahatan terhadap anak, kebanyakan diantaranya kasus asusila yang dilakukan oleh orang dengan berbagai macam latar belakang.

“Dalam kegiatan ini berupaya mencegah dan menurunkan angka kejahatan terhadap anak dengan pemaparan dari pakar Arist Medeka Sirait selaku aktifis Komnas Anak yang memperjuangkan Hak-hak anak”.

“Semoga kita mendapatkan solusi dari permasalahan terkait kejahatan pada anak dan mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Wilayah Hukum Polres Ciamis”, tutur Bismo. *Ata